Tuesday, August 12, 2014

Merawat Bayi Untuk Ibu Pemula

Hari ini aku akan membahas cara merawat bayi yang baru lahir.

Buat teman - teman yang baru menjadi Ibu, coba di simak beberapa saran di bawah ini yach, semoga bermanfaat, semua ini berdasarkan pengalamanku dari merawat ke empat anakku.

01. Bayi umur 0 - 1 bulan
Ibu pemula kebanyakan takut memandikan bayi yang baru berumur 0 - 14 hari di karenakan beberapa alasan : takut bayi keseleo (karna lehernya belum sempurna), takut karna tali pusar yang masih basah dan alasan - alasan lainnya.

Untuk memandikan bayi yang belum putus tali pusarnya, ibu - ibu yang masih takut, bisa menggunakan cara yang paling sederhana yaitu cukup melap badan bayi yang sebelumnya di olesi baby oil sehingga kotoran yang menempel bisa di lepas dengan mudah, air yang di gunakan hangat hangat kuku, ini di lakukan sampai tali pusarnya lepas dengan sempurna.

Setelah tali pusar lepas, saatnya ibu - ibu menjajal keberanian dengan memandikan bayi, siapkan air hangat - hangat kuku di bak mandi bayi, air jangan terlalu penuh, sebelumnya tetap di olesi baby oil sekujur tubuh bayi sambil di pijat ringan, dan air di usapkan ke kepala bayi dan jangan lupa menggunakan sabun yang tidak pedih di mata (pilih sabun yang ada tulisan head to toe yach) karna bayi belum bisa berkedip sehingga air sabun bisa masuk ke mata.
Kemudian leher, badan, kaki dan juga lipatan - lipatan yang ada, karna kotoran suka bersarang dilipatan - lipatan ini. Setelah itu angkat bayi anda dan tiup kedua telinga dan lubang pusar untuk mengeluarkan air yang mungkin masuk ke telinga atau pusarnya, tapi tiupnya lembut aza yach Bun....

Walau tali pusarnya sudah lepas dengan sempurna tapi bunda tetap merawatnya sampai benar - benar kering sempurna. Kalau ada kotoran yang tersisa (biasanya darah kering), teteskan baby oil di tempat tersebut dan bersihkan dengan cotton bud, cotton budnya juga di isi baby oil sedikit yach, supaya tidak menyakiti si buah hati.

Setelah bayi berumur 01 bulan, Ibu - Ibu sudah bisa memandikan dengan menambah volume air di bak, oh yach....ritual pijatan untuk buah hati Ibu - Ibu tetap di lakukan karna pijatan ini sangat membantu bayi lebih rileks dan  akan melihat perkembangan dari bayi anda lebih pesat daripada bayi yang hanya langsung di mandikan. Bagi saya, saat mandi adalah waktu yang sangat penting karna lebih intens berinteraksi dan biasanya saya menghabiskan waktu sampai 01 jam (maksimal) dari memijat,mandi hinga memakaikan baju, bagi Ibu - ibu yang kerja perlu perjuangan untuk ini karna saat mandilah merupakan waktu yang sangat exclusive di samping menyusui untuk bayi di bawah umur 6 bulan. Apalagi bagi Ibu yang memakai jasa baby sitter.

02. Bayi 06 - 12 Bulan
Bayi berumur 06 bulan ke atas sudah bisa di perkenalkan dengan mandi air dingin, ini sangat bagus buat kekebalan tubuh bayi dan bayi juga lebih kuat.
Pada umur 6 bulan, bunda juga sudah bisa memperkenalkan makanan seperti buah - buahan untuk melatih bayi mengenal rasa makanan.

Biasanya saya memberikan buah pisang (cavendish) buat makanan pertama anak - anak saya, setelah beberapa hari saya selingi dengan pepaya, jeruk (saya pilih jeruk pacitan), setelah 01 minggu saya selingi dengan bubur saring.
Buburnya saya buat dari beras merah di campur bayam dan saya berikan kaldu ayam setelah itu saya saring, bubur saring ini saya berikan 01 hari 01 x untuk bulan pertama disamping susu, bagi ibu - ibu yang kerja pada masa ini bisa mengurangi susu botol sehingga pengeluarannya sudah sedikit ringan.

Untuk Bubur saring, ibu - ibu bisa mengkreasikannya sendiri tapi jangan terlalu banyak mix yach, nanti rasanya malah aneh dan bayi akan jadi trauma mencoba bubur yang Bunda buat.

Memasuki umur 8 - 10 bulan gigi bayi akan mulai tumbuh (tapi ada bayi yang umur 6 bulan sudah tumbuh gigi), kalau bayi sudah mulai tumbuh gigi, biasanya ibu - ibu akan dibuat tambah sibuk dan extra sabar, karna pada saat gigi akan tumbuh bayi akan merasa tidak nyaman untuk makan dan kadang kadang sampai demam. Untuk mencegah hal tersebut, Bunda harus sudah punya persiapan obat penurun panas cair yach, bila panasnya sampai 02 hari belum turun dan bayi tidak mau minum susu, segera bawa ke dokter. Kalau panasnya sampai menyebabkan step, untuk pertolongan pertama segera masukkan sendok ke dalam mulut bayi dan setelah itu masukkan sedikit gula ke mulutnya untuk mengaktifkan fungsi bibir bayi sehingga tidak kaku, bila bayi kencing berarti masa kritis sudah lewat. Setelah itu segera di bawa ke dokter untuk perawatan selanjutnya dan selama bayi sakit ibu - ibu jangan panik, tetap tenang dan berdoa karna ketenangan dan doa Ibu membuat bayi merasa nyaman dan cepat sembuh.

Perkembangan bayi laki - laki dan bayi perempuan ada sedikit perbedaan, bayi perempuan lebih cepat bisa jalan, anak saya yang perempuan umur 10 bulan sudah bisa berjalan sedangkan anak yang laki - laki umur 01 tahun baru bisa berjalan. Dan bila bayi anda lebih cepat bicara daripada jalannya, jangan khawatir, tetap di support supaya bayi bunda mau belajar berjalan tapi jangan di paksa karna masing - masing anak memiliki tingkat perkembangan berbeda.

03. Air Susu
Setiap Ibu sangat berharap dapat menyusui bayinya secara exclusive dan memiliki air susu yang berlimpah. Ada beberapa Ibu yang mengalami kesulitan dalam memproduksi Asi sehingga harus mengandalkan susu formula.

Salah satu faktor penyebabnya (yang sering saya temukan) puting susu yang kecil dan hampir tidak kelihatan sehingga mempersulit bayi dalam menyusui di samping itu, waktu hamil (dari bulan pertama) banyak mengkomsumsi sayuran,kacang - kacangan, buah - buahan,susu dan sari kurma ( 01 x minum 01 sendok makan) dan pada saat mandi puting susu di bersihkan dengan air hangat sehingga jalur air susu akan lebih mudah keluar.
Bagi Ibu - ibu yang suka makan pedas,asam (baik asam dari cuka atau buah) mulai mengurangi atau berhenti selama hamil sehingga produksi susu akan lebih baik.
Setelah melahirkan, banyak mengkomsumsi sayur hijau,sayur kayumanis dan kacang dan makan buah semangka, ikan,telur dan daging juga tapi porsi yang secukupnya. Sehingga air susu berlimpah dan berkwalitas.

Saya juga mengalami kesulitan waktu pertama kali menyusui,puting susu saya sampai bengkak dan berdarah tapi karna keinginan saya lebih kuat dan dukungan suami yang selalu menemani jadi masa - masa tersebut berlalu dengan mudah (walau setiap menyusui saya sampai mengeluarkan air mata)

Kalau pada masa menyususi, Ibu - ibu nggak tahan mau makan yang pedas dan asam bisa saja, setelah makan minum air hangat sebanyak 01 gelas, sehingga air susunya tetap terjaga bagus, tapi teatap porsinya jangan banyak yach, kasihan bayi bunda.

04. Bayi Batuk,Pilek Dan Mencret
Bayi di bawah umur lima tahun sering rentan dengan penyakit batuk,pilek dan mencret apalagi pada saat pertumbuhan giginya berbarengan dengan ketiga penyakit tersebut.
Ibu - ibu jangan panik, semua obat tersebut bisa di buat dari bahan - bahan dapur Bunda.
- Batuk (Kering) atau batuk berdahak
  ambil buah tomat 01 buah ukuran sedang (yang merah) cuci bersih dan parut kemudian saring, ambil airnya dan minumkan  ke bayi dengan sedikit - sedikit sampai habis, kalau bayi susah menerima, cukup 01 sendok teh, dan setiap 4 jam di berikan 01 sendok dan setelah mandi di lulurkan
dengan bawang merah parut di campur minyak telon, biasanya 03 hari sudah terlihat hasilnya

- Pilek (Flu)
Pilek ini dapat di hilangkan dengan menggunakan bawang merah parut yang di campur dengan minyak telon dan setiap selesai mandi di lulurkan keseluruh badan bayi, kalau hidungnya tersumbat,oleskan ramuan ini di sekitar daerah T dan di bawah lubang hidung pada saat bayi tidur,sehingga bayi akan tertidur lelap sampai pagi
Bila pileknya sudah hilang ramuan ini tetap di pakai sampai seminggu sehingga virus yang ada di sekitar rumah tidak dapat mendekati bayi Bunda sampai benar - benar sembuh.

- Mencret
Penyebab bayi mencret adalah susu formula yang tidak cocok atau bayi akan melalu tahap yang lebih maju seperti mau belajar merangkak, bicara atau mau jalan.
Bila hal ini terjadi, perbanyak minum cairan (airputih),susu dan juga kalau sudah makan,tetap di berikan walau hanya sesendok
Jika mencretnya melebihi 3 kali sehari, Bunda bisa membuat obat mencret yang aman bagi bayi yaitu parutan kunyit, ambil ibu kunyit kupas dan cuci bersih setelah itu parut dan ambil airnya saja sebanyak 01 sendok teh, minumkan pada bayi anda
Kunyit ini obat herbal yang sangat baik dan aman bagi balita maupun anak yang sudah diatas 5 tahun karna kunyit adalah obat antiseptik alami (untuk sariawan juga bisa)

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat buat teman - teman yang baru menjadi seorang Ibu.

Sampai ketemu di tulisan berikutnya...............












No comments:

Post a Comment