Friday, August 8, 2014

Berkebun Hemat

Hai...teman - teman, nggak terasa kita udah memasuki bulan ke 8 dari tahun 2014 (kayaknya baru ngerayain tahun baru dech).

Hobi berkebunku juga udah menghasilkan dan udah bisa kunikmati....salah satunya buah pare :




 
 
Tanaman pare ini, ini sudah bisa menghasilkan sekitar 1 kilo, lumayan lah mengurangi uang belanja, dan pagi ini udah ku buat oseng - oseng pare yang lumayan yummy.
 
Pohon pare ku ini, bibitnya kudapat dari ibuku yang suka membuat sayur pare, karna pada saat itu ada beberapa buah parenya yang ternyata ada bijinya yang sudah tua, maka ku sisihkan dan ku jemur, dan sebagian ku tebar di dalam media (sebenarnya udah kupakai nyemain papaya sich), tetapi malah biji pareku yang lebih cepat tumbuh nggak sampai 03 bulan udah kudapat hasilnya.
Untuk menjaga kesuburan tanah, 01 minggu sekali kusiram air dari sisa - sisa makanan yang sengaja kubiarkan membusuk dan airnya ku campur dengan air bersih untuk menyiram ke tanamanku dan juga air cucian dari beras biasanya kupakai untuk menyiram kebun kecilku.
 
Intinya.....untuk berkebun kita nggak harus bermodal besar....yang penting niat kita aza dan kesabaran
Untuk tanaman pare ini, aku hanya mengeluarkan uang untuk membeli bambu membuat para - paranya, maklum lah di daerah perkotaan susah banget mencari bambu gratisan.

No comments:

Post a Comment