Thursday, August 14, 2014

Berkebun Vertikultur Hemat

Pekarangan rumahku sempit banget, tapi hobi berkebunku sangat gede sekali, jadi untuk mengakalinya, aku menggunakan gaya berkebun vertikultur

Dari hasil gogglingku,banyak inspirasi yang kudapat untuk membuat kebun vertikultur
Itupun dengan bantuan suami tercinta yang membuatkan vertikultur yang menempel di tembok rumah sehingga aku bisa dengan leluasa menaruh tanaman sayuranku lebih banyak lagi.

Saat ini tanaman sayur yang sudah berkembang tomat cherry, kangkung,sawi,terung, papaya,cabe dan terung, yang lainnya saat ini masa dalam tahap penyemaian. Sebagian tomat cherry dan terung udah kuungsikan ke rumah temanku, habis waktu penyemaian ternyata hampir 60 anakan yang hidup, jadi bingung bingit menyapihnya.....

Untuk rak vertikultur ini,aku hanya mengeluarkan uang hampir 200ribu rupiah untuk membeli kayu,paku,tali rafia dan bambu.....sisanya aku pakai dari botol minuman dan polybag yang sudah tidak terpakai sebelumnya, ada juga karung bekas (untuk tanaman yang akan tumbuh besar)

Untuk bibit sebagian aku hunting di google,dimana banyak sekali para petani rumahan yang menjual bibit murah dan bagus (salah satunya blog petanirumahan.com...punya Pak Sugeng)

Saat ini, aku lagi menunggu kirimin bibit dari mba maratus....mudah - mudahan para benih jodoh dengan diriku, sehingga aku bisa lebih banyak lagi berbagi cerita dengan teman - teman

Inilah penampakan vertikultur sederhanaku..............

 
tanaman terung ku taruh di nomer 2 dari rak susunku
 
 
tembok pembatas rumah dengan tetangga, ku buat pot seperti foto
 
 
di bagian bawah kutaruh tanaman pepaya dan tomat, pare juga ada
 
 
tembok samping rumah yang sedikit teduh kupakai untuk tanaman sawi putihku
 
 
kangkung kutanam di pot bambu yang ku gantung


 
 
dan sebagian ku tanam di pekarangan rumah yang seperti diatas (sempit khan)
 
 
ini cabe yang ku dampingi dengan sawi putih
 
 
sawi putih yang sudah mengeluarkan daun sejatinya 1 helai
 
 
Semangka Berkebun...............
 
 
 

 
 


No comments:

Post a Comment