Sunday, July 12, 2015

Berkebun Vertikulture Hemat Part 2


Apakabar teman - teman pecinta kebun rumah....
Bulan July ini merupakan libur terpanjang buat anak sekolah dan pegawai pemeritahan, tidak seperti saya yang pegawai swasta (kasihan dech diriku.....)

Untuk menghibur hati...saya mulai berkebun kembali...maklum beberapa saat, berkebunnya mandeg, karna belum ada bibit yang menantang dan juga waktu.

Saat ini saya lagi membuat persemaian bunga - bungaan dan juga tomat (favorit saya)
tapi ada beberapa bibit yang habis di makan tikus, sampai sebel dech kok tikusnya vegetarian yach....

Jadi saya hanya bisa membagi beberapa bibit yang terselamatkan sebagai berikut :



Sebagian bibit telah di babat tikus - tikus yang beralih vegetarian tersebut (hikshikshiks)


persemaian bayam merah ini juga sebagian di lahap para tikus...padahal sudah di taruh di tembok yang lumayan jauh dari tanah (bener - bener pintar nich tikus)

Akhirnya....bibit tomat dan bunga matahari yang terselematkan ku tanam dengan sistem vertikulture sebagai berikut :















 tomat di dalam photo ini, telah kusemaikan akhir april dan ini gambar yang kuambil pada bulan july ini....sekarang sudah belajar berbunga, akhir july mungkin sudah bermunculan buahnya.


Untuk berkebun kali ini, aku hanya mengeluarkan uang untuk membeli bibit sebesar Rp. 80.000, untuk membeli bibit tomat black & bunga matahari.

Untuk media tanam aku buat dari campuran media yang lama dan kutambah sampah dapur (kulit sayur dan teman - temannya)

Sedangkan pot, kupakai dari sampah dapur yang ku kumpulkan seperti kotak susu, kotak jus, botol air mineral dan juga container yg sudah rusak ku manfaatkan untuk menyemai bibit - bibit tersebut. Untuk penempatan kotak susu & jus kupakai rak buku yang sudah tidak terpakai dan jadilah kebun miniku.....

Walau sedikit sedih dengan beberapa bibit bunga yang lenyap oleh para tikus....tapi melihat perkembangan pohon tomat yang telah subur sedikit terobati rasa sedihku....

Salam Berkebun..........









No comments:

Post a Comment