Monday, August 3, 2015

Tips Untuk Memperlancar BAB

Di keluarga kami (baik keluarga suami) maupun keluarga saya sendiri, sampai saat ini belum ada yang mengeluh masalah BAB yang tidak lancar dengan serius.
Dan juga anak - anak saya, kalaupun ada itu di karenakan komsumsi seratnya kurang...tapi sepanjang yang saya tahu belum pernah sampai harus memakai obat pencahar atau harus dimasukkan obat ke duburnya untuk membuat BAB.
Malah di keluarga kami termasuk mempunyai panggilan alam yang sangat lancar sekali.

Ada beberapa teman saya yang sering mengeluh masalah BAB (buang air besar) yang tidak lancar, dan sampai harus memakai obat untuk memperlancarnya.

Nah...sebelum menggunakan obat, ada baiknya teman - teman mengecheck pola makan
diri sendiri, bila di rasa kurang mengkomsumsi makanan yang mengandung serat, ada baiknya mulai merubah pola makan yang ada saat ini.

Anak saya yang paling besar & yang nomer 02 tidak begitu suka makan sayur tetapi saya selalu menyiapkan buah - buahan seperti pisang,pepaya dan semangka, sehingga kebutuhan seratnya tercukupi dan juga saya sering menganjurkan mereka lebih mengutamakan minum air putih.

Karna suami saya termasuk perokok yang cukup aktif tetapi suka makan kacang - kacangan, maka saya tidak terlalu khawatir.

Bila pola makanan sudah di rasa cukup mengandung serat tetapi masih juga susah BAB, ada satu hal yang saya dapat dari teman saya yang pernah mengalami kesusahan BAB, yaitu mengurut tulang belakang secara perlahan pada saat BAB dan jangan tegang, rileks saja, tidak beberapa lama akan terasa akan BAB.
Pijatan halus jangan di paksa, di ulang beberapa kali di rasa perlu, maka BAB anda akan lancar tanpa rasa sakit.

Teori ini sudah saya praktekkan pada saat saya habis melahirkan dan ternyata pijatan ini sangat membantu sekali karna saya sangat trauma dengan acara ngeden apalagi setelah mendapat jaitan yang cukup banyak, maklum waktu itu melahirkan anak pertama, dan saya tidak merasa khawatir bila BAB selama masa pemulihan tersebut.

Dan kalau masalahnya sangat berat, biasakan sebelum mandi merendam badan 2 kali dalam seminggu, kalau tidak ada bathtub, bisa berendam di dalam ember yang besar dan setelah itu lakukan pijat di tulang belakang dari pertengahan sampai diatas pantat.
Hal ini sangat membantu dan membuat perut lebih adem dan BAB akan lebih nyaman.

Semoga berguna.....

Salam......

No comments:

Post a Comment